1.
Populasi
Populasi bukanlah hanya orang tetapi juga obyek dan
benda-benda alam yang lain. Populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada
obyek yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik atau sifat yang
dimiliki oleh subyek atau obyek itu dan
sampel merupakan bagian dari populasi tersebut. Populasi menurut Sugiono (2006:73) adalah : “Wilayah generalisasi
yang terdiri atas obyek atau subyek yang
mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti
untuk dipelajari dan kemudian
ditarik
kesimpulannya”. Penelitian ini dilakukan
dengan pengambilan data dari para
responden. Data yang diambil adalah dari sampel yang mewakili seluruh
populasi. Maka sampel yang diambil dari populasi harus betul-betul
representative (mewakili).
1.
Sampel
Sedangkan
sampel menurut Sugiono (2006:73) adalah : “Bagian dari jumlah dan karakteristik
yang dimiliki oleh populasi tersebut” Jumlah sampel dalam penelitian ditentukan
berdasarkan rumus Slovin dikutip oleh Husein Umar (2005:108) adalah sebagai
berikut:
N
n = ---------------------
1 + Ne
Di mana :
n :
Ukuran Sampel
N :
Ukuran populasi yaitu
jumlah total pelanggan/konsumen Rumah Tangga (RT) yang menggunakan jasa PT.
PLN (Persero)
e :
Nilai kritis
Dalam penelitian ini
jumlah populasi pelanggan dengan batas kesalahan yang
diinginkan adalah 10 %,
diketahui jumlah total pelanggan PT. PLN (Persero) Rayon
Makassar Timur adalah 71.000
pelanggan yang terdiri
dari 95 % pelanggan
rumah tangga, maka N
= 67.450 pelanggan
rumah tangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar