Rabu, 28 November 2012

8. POPULASI DAN SAMPEL (METODE RISET)




1.      Populasi

Populasi bukanlah hanya orang tetapi juga obyek dan benda-benda alam yang lain. Populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada obyek yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik atau sifat yang dimiliki oleh subyek atau obyek  itu dan sampel merupakan bagian dari populasi tersebut. Populasi menurut Sugiono (2006:73) adalah : “Wilayah generalisasi yang  terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian
ditarik kesimpulannya”. Penelitian  ini dilakukan dengan pengambilan data dari para  responden. Data yang diambil adalah dari sampel yang mewakili seluruh populasi. Maka sampel yang diambil dari populasi harus betul-betul representative (mewakili).



1.      Sampel 

Sedangkan sampel menurut Sugiono (2006:73) adalah : “Bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut” Jumlah sampel dalam penelitian ditentukan berdasarkan rumus Slovin dikutip oleh Husein Umar (2005:108) adalah sebagai berikut: 
                          N
  n =    ---------------------
                     1 + Ne

Di mana :
n  :   Ukuran Sampel 
N  :  Ukuran  populasi  yaitu  jumlah  total  pelanggan/konsumen  Rumah Tangga (RT) yang menggunakan jasa PT. PLN (Persero)
e  :  Nilai kritis 

Dalam penelitian  ini  jumlah populasi pelanggan dengan batas kesalahan yang
diinginkan adalah 10 %, diketahui  jumlah  total pelanggan PT. PLN (Persero) Rayon Makassar Timur  adalah  71.000  pelanggan  yang  terdiri  dari  95 %  pelanggan  rumah tangga,  maka  N  =  67.450  pelanggan  rumah  tangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar