Rabu, 28 November 2012

5. TEORI (METODE RISET)



Pengertian Pemasaran

Pemasaran  merupakan  suatu  upaya  mengantar  perusahaan  mencapai  tujuan melalui  pemenuhan  kebutuhan-kebutuhan  manusia.  Pemasaran  meliputi  berbagai kegiatan  yang  terkait  dengan  upaya  menyampaikan  produk  kepada  konsumen  di antaranya penetapan  harga, penentuan produk  sesuai keinginan konsumen, kegiatan distribusi  dan  kegiatan  promosi.  Untuk  melakukan  pemasaran,  maka  manajer pemasaran  sebagai  salah  satu  fungsi  perusahaan  harus  mengenali  seluk-beluk kebutuhan  manusia  dengan  memberikan  kepuasan  bagi  konsumen.  Pengertian pemasaran  ini mencakup  kegiatan  yang  sangat  luas,  bukan  hanya  sekedar  kegiatan distribusi dan penjualan semata-mata, tetapi meliputi segala aktifitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat baik berupa barang maupun  jasa, dalam rangka mencapai  tujuan  perusahaan  yang  diinginkan.  Setiap  manusia  yang  terlibat  dalam dunia  pemasaran,  ingin  mengembangkan  profesinya,  oleh sebab  itu  sangatlah diperlukan  gambaran  yang  jelas  tentang  arti  dan  prinsip-prinsip  pemasaran. Untuk mengetahui  lebih  jelas  tentang  pengertian  pemasaran,  maka  penulis  mencoba melakukan  pendekatan  terhadap  berbagai  rumusan  pemasaran  yang  dikemukakan oleh ahli pemasaran seperti yang dikutip di bawah ini.
 Definisi pemasaran menurut Kotler (2008 : 6), adalah :  Pemasaran  adalah  suatu  fungsi  organisasi  dan  seperangkat  proses  untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan  mengelola  hubungan  pelanggan  dengan  cara  yang  menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya.
            Definisi pemasaran menurut Asosiasi Pemasaran Amerika (Kotler, 2008 : 12), yaitu :  “Pemasaran  adalah  proses  untuk  merencanakan  dan  melaksanakan  perancangan, penetapan  harga,  promosi,  dan  distribusi  dari  ide,  barang,  dan  layanan  untuk menimbulkan pertukaran yang bisa memenuhi tujuan individu dan organisasi”. Definisi  ini memberikan  arti  bahwa  pemasaran  adalah  kegiatan manusia  yang diarahkan  kepada  pemuasan  kebutuhan  dan  keinginan  melalui  suatu  proses pertukaran. Dalam  hal  ini  pertukaran  yang  dimaksud  adalah  barang  dan  jasa,  serta uang dan tenaga. Kegiatan pemasaran melibatkan dua pihak yang saling berinteraksi, di  mana  pihak  yang  satu  menginginkan  kepuasan,  sedangkan  pihak  yang  lainnya ingin memperoleh  laba. Pihak-pihak yang dimaksud adalah produsen dan konsumen. Produsen  menciptakan  barang  atau  jasa  sedangkan  konsumen  adalah  pihak  yang memiliki  kebutuhan  dan  keinginan  untuk  dipenuhi.  Jadi  disebabkan  karena  adanya kepentingan dari masing-masing pihak, maka timbullah yang disebut pertukaran atau arus perpindahan  barang dan  jasa dari produsen  kepada konsumen. Pemasaran  juga merupakan  kegiatan-kegiatan  yang  saling    berhubungan  sebagai  suatu  sistem keseluruhan.  Dikatakan  sebagai  suatu  keseluruhan,  karena  pemasaran  mencakup usaha  perusahaan  yang  dimulai  dengan  mengidentifikasi  kebutuhan  konsumen, menentukan  harga  yang  sesuai, menentukan  cara-cara  promosi  yang  tepat  dan  pola distribusi produk yang efektif.  Selanjutnya  pemasaran  juga  mempunyai  sasaran  tertentu  yaitu  berusaha memberikan  kepuasan  bagi  konsumen  yang  ada  maupun  pembeli  yang  potensial, sehingga  pemasaran  bukanlah  suatu  kegiatan  yang  statis  sifatnya  melainkan  suatu kegiatan yang dinamis dari keinginan konsumen. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar