Tema :
Kepuasan Konsumen
Judul
: Tingkat kepuasaan konsumen terhadap
pelayanan kereta api di Jakarta
Pengarang
: Mohamad Ilham
Tahun
Pembuatan : 2011
Latar Belakang
Dalam menanggapi
kebutuhan transportasi Kualitas pelayanan menjadi dasar yang dapat mempengarui
pilihan konsumen untuk memilih berbagai jenis jasa yang berkembang saat ini.
Dalam era perkembangan dan pertumbuhan penduduk yang begitu pesat menyebabkan
manusia cenderung memelih transportasi yang cepat dan terjangkau. Masyarakat
akan lebih menuntut pelayanan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhannya,
sehingga mereka lebih teliti dan kritis dalam memilih segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Terutama masalah Transportasi , berperan
sebagai penunjang, pendorong dan penggerak bagi pertumbuhan daerah yang
berpotensi namun belum berkembang, dalam upaya peningkatan dan pemerataan
pembangunan dan hasil-hasilnya.
Menyadari
peranan transportasi darat khususnya pelayanan di dalam kereta api harus
seimbang dengan tingkat kebutuhan dan tersedianya pelayanan angkutan yang
ramah, aman, cepat, lancar, tertib, teratur, nyaman, selamat dan efisien.
Sebagian besar sektor publik menyadari pentingnya kepuasan konsumen dan
mempunyai batasan budget untuk pelayanan konsumen. Hal ini juga dilakukan oleh
PT. Kereta Api (Persero) sebagai salah satu perusahaan milik negara yang
bergerak dalam bisnis jasa angkutan darat. Kereta Api merupakan alternatif bagi
masalah angkutan jalan raya.
Dalam perkembangannya PT. Kereta Api (Persero)
telah menunjukkan kinerja yang semakin membaik, peningkatan jasa yang meningkat
dengan memperhatikan kenyamanan, ketepatan dengan resiko kemacetan yang relatif
kecil. Di lihat dari pemisahan gerbong kereta api khusus wanita . Kecenderungan
permintaan pasar terhadap kereta api penumpang kelas ekonomi terus meningkat
,terbukti banyaknya mahasiswa dan pekerja yang menggunakan jasa fasilitas
kereta api ekonomi. Hal ini merupakan peluang untuk meningkatkan volume
pendapatan dengan meningkatkan pengoperasian kereta api khususnya kereta api
ekonomi jurusan jakarta-bogor. Jika para konsumen / pengguna jasa kereta api
puas dengan pelayanan PT Kereta Api maka akan meningkat pula profit bagi
perusahaan dan akan meningkatnya kesetiaan konsumen / pengguna layanan jasa
tranportasi kereta api. Dengan menetapkan jadwal yang disiplin agar kereta
tidak terlambat lagi.
Metode penelitian
1. variable x : Yaitu deskripsi dari
banyaknya para respon mahasiswa yang membalas kuisioner melalui pesan
blackberry dan sms
2.variable Y : Bagaimana mahasiswa
universitas gunadarma memdeskripsikan pelayanan kereta api kelas ekonomi dan
comutter line
3. DATA DAN VARIABLE
Variable jenis kelamin (X1) :
menggambarkan banyaknya penumpang kereta api dan banyaknya penjualan tiket pada
stasiun kereta api pada setiap kelas ekonomi dan commuter line Variable jenis
kereta api (X2) : mendeskripsikan indicator banyaknya penumpang dari beberapa
faktor Faktor Kesan dari penumpang Faktor Fasilitas , Fasilitas Penunjang Dalam
Kereta Api juga Tempat duduk
Faktor-faktor yang mempengarui Kualitas
Pelayanan kereta api dari penelitian yang telah diamati yang merupakan factor
dari alasan beberapa mahasiswa memilih jasa transpotasi kereta api.
1. Faktor Kesan dari penumpang
2. Faktor Informasi yang Cepat dan Jelas
3. Faktor karena Pelayanan ketepatan
Informasi
4. Faktor Ketepatan Waktu
5. Faktor Fasilitas
6. Faktor Sistem Pelayanan
7. Faktor Fasilitas Penunjang Dalam
Kereta Api
8. Faktor Tempat duduk
Kesimpulan
PT. Kereta Api (Persero) sebagai
salah satu perusahaan milik negara yang bergerak dalam bisnis jasa angkutan
darat. Kereta Api merupakan alternatif bagi masalah angkutan jalan raya. Dalam
meningkatkan kualitas pelayanan haruslah perlu diperhatikan khususnya pada
keterpaduan dalam memberikan pelayanan dari pihak-pihak terkait yaitu para
petugas yang melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memberikan pelayanan
dari pihak-pihak terkait yaitu para petugas yang melaksanakan tugas dan
tanggung jawabnya. Di dalam menilai kualitas pelayanan menurut konsep manajemen
transportasi dalam meningkatkan jasa pelayanan transportasi terdiri dari
beberapa faktor-faktor keamanan dan keselamatan, perjalanan, ketepatan waktu,
kemudahan pelayanan, kenyamanan dan kecepatan juga tepat dalam memberikan
informasi.
Kereta
api jurusan Jakarta – bogor merupakan salah satu diantara banyak kereta api
yang penumpang kelas ekonomi dan commuter-line dengan Rute Jakarta-bogor ,
bogor-jakarta merupakan kereta api yang tidak pernah sepi dari penumpang dan
tempat duduk selalu penuh dengan penumpang, hal ini di harapkan pelayanan yang
diberikan oleh petugas dan karyawan kepada penumpang bisa memuaskan. Maka dari
itu penumpang akan merasa puas menggunakan jasa kereta api jika diberikan
keamanan dan kenyaman yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar